5 Teknik Closing Sales: paling efektif melejitkan penjualan

Setiap bisnis memiliki cara masing – masing untuk mendongkrak omset yang diinginkan. Beberapa lini bisnis hanya berfokus pada proses marketing mereka, bisa menggunakan sosial media, google ads, tiktok ads dlsb.

Gak ada salahnya menggunakan platform tersebut, tapi ingat! Hal ini hanya digunakan untuk mencari traffic. Pentingnya teknik closing yang benar agar mengubah traffic yang datang menjadi leads yang berpotensi menjadi customer

Apa yang dimaksud dengan teknik closing

Teknik closing adalah cara seseorang atau bisnis untuk membantu traffic atau customer yang datang untuk mengambil keputusan membeli. Cara ini digunakan untuk menjawab pertanyaan customer agar mereka terbantu.

Dengan adanya teknik closing, dapat membantu bisnis kamu mendapatkan omset yang semakin melejit.

Jadi jangan terus – terusan membakar uang tanpa tahu harus diapakan customer yang datang ke bisnismu. Ingin tahu bagaimana cara menggunakan teknik closing dalam bisnis ? Yuk simak artikel dari tim Nakula sampai habis!.

Baca Juga: Kenal Omnichannel Lebih Dekat: Bikin Omset melesat!

Cara teknik closing menjawab customer

1. Berikan pertanyaan pilihan “YES or NO”

Dengan memberikan pilihan pada customer, mereka akan selalu menjawab pertanyaan kamu sebagai pemilik bisnis. contohnya seperti:

Kak kebetulan kita lagi ada 2 diskon menarik nih buat kakak, kakak mau pakai diskon yang mana?”

Dengan pemilihan semacam ini, calon customer akan memikirkan diskon mana yang tepat pada kebutuhannya.

Dengan cara ini juga, calon customer akan merasa lebih di dengar dan terlihat peduli bagi calon customer.

2. Gunakan teknik 3 in 1

Pastikan kamu selalu berikan benefit minimal 3 dalam 1 produk. Cara ini tidak mutlak, tapi kamu bisa coba untuk tes calon customer pada bisnis kamu.

Orang akan memikirkan benefit apa yang diterima ketika membeli produk yang kamu tawarkan. Kamu bisa gunakan teknik seperti ini seperti:

“Kak ini bahannya lembut lho, bisa dipakai waktu cuaca panas dan menyerap keringat juga saat dipakai. Silahkan kak di order”

Jadi ini penting dilakukan agar calon customer juga terbantu dalam memilih produk yang akan dibeli

Baca juga: Fungsi Analitik Bisnis untuk Pengambilan Keputusan

3. Yakin akan calon customer akan membeli

Berikan mindset yang positif bagi diri kamu sendiri. Gunakan perspektif bahwa calon customer akan membeli produk kamu.

Ini penting dilakukan agar calon customer juga yakin ingin membeli produk dari kamu sendiri, misalnya:

“Harganya cuma Rp150.000 kok kak, mau pesan dengan produk yang lainnya sekalian kak ?”

4. Selalu cantumkan testimoni

Testimoni sangat penting sekali dalam teknik closing. Ini akan membantu calon customer membuat keputusan membeli. 

Testimoni kami bisa gunakan di dalam format teks, menanyakan mereka setelah memakai produk yang kamu tawarkan, atau sekedar photo atau video juga bisa lebih mayakinkan mereka. 

(Gambar)

Kamu bisa kirimkan bukti screenshot dari pelanggan untuk meningkatkan rasa percaya diri bagi calon customer.

5. Tumbuhkan rasa empati

Posisikan kamu sebagai orang yang ingin membantu memilihkan produk bagi calon customer.

Dengarkan kebutuhan mereka, masalahnya seperti apa, baru kamu sebagai orang yang ingin membantu calon customer. Seperti:

“Iya kak, ada customer punya masalah kulit seperti kakak. Kakak tenang saja, produk kami bisa kakak gunakan dengan aman”

Empati ini sangat penting dimiliki agar calon customer tidak hanya memikirkan produk mereka, tapi juga pelayanan.

Baca juga: Potong Ancaman Penyebaran Covid19 Bersama BNI

Pelayanan adalah kunci

Mesin antrian End Que

Daripada kamu mencari customer baru, lebih baik mempertahankan customer yang sudah percaya dengan brand kamu.

Demi meningkatkan pelayanan customer, kamu bisa gunakan mesin antrian dari Nakula sadewa. Dengan aplikasi software yang menarik akan lebih memanjakan tampilan customer.

Bikin tampilan mesin antrian END Que sesuai dengan kebutuh brand mu, Klik link ini untuk hubungi tim Nakula sadewa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×

 

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

×